Jumat, 24 April 2009

Penyerahan lembar Jawaban dan makalah paling lambat sabtu 9 Mei 2009 Pkl 24.00
UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH : PLSBT
WAKTU : TAKE HOME EXAM
DOSEN : MUPID HIDAYAT

SOAL-SOAL
1. Mata kuliah PLSBT adalah bagian dari mata kuliah dasar umum (MKDU) atau Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK), oleh sebab itu tujuan mata kuliah ini tidak boleh lepas dari tujuan MKDU/MKPK
a. Sebutkan tujuan mata kuliah PLSBT
b. Bagaimana peran mata kuliah PLSBT dikaitkan dengan realitas keadaan di lingkungan yang Sdr. Rasakan ?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepribadian. Buatlah dalam bagan bagaimana proses pembentukan kepribadian dari individu menjadi seseorang yang memiliki kepribadian.
3. Teknologi informasi sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sekarang ini. Ia memiliki implikasi yang positif dan negatif. Bagaimana Anda melihat permasalahan anak-anak yang dibesarkan dengan teknologi informasi. Jelaskan dengan menggunakan pendekatan inter/multidisipliner !
4. Pendekatan monodisipliner berbeda dengan pendekatan interdisipliner, multi disipliner, krosdisipliner, dan transdisipliner.
a. Apa perbedaan-perbedaan pendekatan tersebut?
b. Jelaskan dan gambarkan perbedaan dari masing-masing pendekatan tersebut dengan menggunakan contoh-contoh yang diambil dari masalah : - Pendidikan, -lingkungan, - sosial, - budaya, dan – teknologi.
5. Berikan alasan, mengapa masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat lebih tepat dipecahkan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner ketimbang dengan menggunakan pendekatan monodisipliner ! Berikan contohnya.
6. Perkembangan manusia sebagai makhluk individu dipengaruhi oleh faktor genotif, fenotif, serta faktor lingkungan lainnya.
a. Bagaimana Anda memahami kasus anak autisme ?
b. Bagaimana penanganan yang harus dilakukaknnya? Jelaskan!
7. Ada pendapat (Danzel), bahwa tiap kebudayaan ada isinya/nuansa dan
jiwanya/potensi (klank=bunyi, farbe=warna) dan juga dipengaruhi oleh zaman
(epoche) tempat (situasi dan kondisi) warna (pandangan) paham,
a. Apabila anda setuju, atau tidak setuju dengan pendapat tersebut diatas, beri alasan/argumentasinya.
b. Berikan pula contohnya.



8. Jelaskan pengertian problem sosial, jenis-jenis problem sosial, ketegangan sosial, dan faktor-faktor yang menjadi penyebabnya?
Sosial budaya mengembangkan/membentuk prilaku manusia agar; akuntabel,
bertanggung-jawab, berwenang dan apa kaitannya dengan sikap; bijak, adil dan jujur.
a. Buatlah uraian seperlunya
b. Sebutkan salah satu kasus yang relevan.
9. Pada status sosial manusia (masyarakat) terdapat (3) unsur yang dapat digunakan sebagai kriteria (sudut pandang)/penghargaan dari tiga unsur itu, unsur apa yang dominan/menetukan dikaitkan pula dengan karakter (budaya) suatu masyarakat.
a. Mengapa (ulasan seperlunya).
b. Berikan contohnya (kasus).
10. Adanya krisis Politik, ekonomi dan sosial budaya akan menimbulkan
dampak terhadap beberapa kelompok masyarakat, seperti :
a. Kelompok masyarakat umum.
b. Birokrat
c. Peserta didik
Uraikan dampak krisis politik ekonomi dan sosial budaya tersebut terhadap
ketiga kelompok tersebut.
11. Modernisasai tidak sama dengan westernisasi. Jelaskan kedua istilah dimaksud
sehingga jelas perbedaannya termasuk kesamaannya. Berikan pula ciri-ciri
masyarakat modern yang Anda ketahui ?
12 Buatlah makalah kelompok maksimal 5 orang anggota, Sebutkan pokok-pokok masalah yang diajukan dalam makalah, metode/pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut, serta kesimpulan dan rekomendasi apa yang dapat kelompok anda berikan?



SELAMAT MENGERJAKAN

Selasa, 21 April 2009

Lembar Jawaban terisi harus diserahkan paling lambat tanggal 23 April 2009 pukul 15.00 melalui email.
UJIAN TENGAH SEMESTER PKN
Pada Bagian 1 ini semua soal wajib di jawab oleh setiap mahasiswa
1. Bagaimana keadaan tentang nasionalisme yang merupakan suatu produk kesadaran politik bernegara itu dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?
2. Bagaimana dinamika nilai-nilai nasionalisme di era reformasi dan globalisasi sekarang ini dalam setiap aspek kehidupan : politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun agama ? Jelaskan tiap aspeknya secara rinci.
3. Bagaimanakah peran mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk keperibadian mahasiswa yang bersikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan serta nasionalisme yang cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa? Jelaskan
4. Bagaimana upaya meningkatkan kesadaran semangat rasa nasionalisme dalam wujud cinta tanah air demi eksisnya kehidupan berbangsa dan bernegara ?
Soal pada bagian 2 ini wajib dipilih 6 soal oleh setiap mahasiswa, namun seluruh soal harus terjawab oleh kelas, karenanya mohon ketua kelas membagi dengan sebaik-baiknya.
1. Apa yang Anda ketahui tentang nasionalisme, baik pengertian, makna, maupun tujuannya?
2. Bagaimanakah realita nasionalisme di Indonesia saat ini? Jelaskan
3. Coba Anda jelaskan beberapa bentuk atau jenis nasionalisme ?
4. Apakah yang dimaksud dengan semangat nasionalisme dan kebangsaan?
5. Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong munculnya nasionalisme dan kebangsaan di Indonesia ?
6. Bagaimana proses pembentukan nasionalisme di Indonesia? Jelaskan
7. Bagaimana pendapat Anda bahwa, konsep nasionalisme dan kebangsaan yang tertanam dalam diri bangsa Indonesia saat ini menguat atau merapuh? Jelaskan dan berikan alasannya.
8. Bagaimanakah solusi untuk meningkatkan atau membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan kebangsaan tersebut? Jika ada, hal apa saja yang harus dilakukan?
9. Apa yang Anda ketahui tentang Reformasi?
10. Apa pengaruh dari reformasi kepada generasi muda Indonesia?
11. Bagaimana rasa nasionalisme pemuda sejak di era reformasi?
12. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme?
13. Hal apa saja yang menjadi tujuan dari reformasi?
14. Apa yang Anda ketahui tentang globalisasi, Bagaimanakah pengaruhnya terhadap nasionalisme?
15. Jelaskan bagaimana Globalisasi dikaitkan dengan idiologi politik, ekonomi, sosial dan budaya ?
16. Jelaskan bagaimana globalisasi merupakan ‘Westernisasi’ atau ‘Amerikanisasi’? atau merupakan neo-imperialisme dan neo-liberalisme?
17. Bagaimana kaitan antara globalisasi dengan nasionalisme serta dampak globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme?
18. Bagaimana eksitensi nasionalisme di era globalisasi?
19. Solusi apa yang bisa ditempuh untuk mempertahankan esensi nasionalisme?
20. Siapakah yang mempunyai peranan penting dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri dan terhormat?
21. Bagaimanakah contoh tindakan antisipasinya
22. Antisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme ?
23. Bagaimanakah seharusnya kita memaknai globalisasi dan sekaligus menjawab persoalan yang ada di dalamnya?
24. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme?
25. Jelaskan bagaimana globalisasi akan semakin mengikis budaya masyarakat-masyarakat non-Barat?
26. Apakah globalisasi semakin memperluas kesenjangan di antara masyarakat-masyarakat di dunia atau semakin membuat si kaya makin kaya, dan si miskin makin miskin? Jelaskan