Jumat, 24 April 2009

UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH : PLSBT
WAKTU : TAKE HOME EXAM
DOSEN : MUPID HIDAYAT

SOAL-SOAL
1. Mata kuliah PLSBT adalah bagian dari mata kuliah dasar umum (MKDU) atau Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK), oleh sebab itu tujuan mata kuliah ini tidak boleh lepas dari tujuan MKDU/MKPK
a. Sebutkan tujuan mata kuliah PLSBT
b. Bagaimana peran mata kuliah PLSBT dikaitkan dengan realitas keadaan di lingkungan yang Sdr. Rasakan ?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepribadian. Buatlah dalam bagan bagaimana proses pembentukan kepribadian dari individu menjadi seseorang yang memiliki kepribadian.
3. Teknologi informasi sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sekarang ini. Ia memiliki implikasi yang positif dan negatif. Bagaimana Anda melihat permasalahan anak-anak yang dibesarkan dengan teknologi informasi. Jelaskan dengan menggunakan pendekatan inter/multidisipliner !
4. Pendekatan monodisipliner berbeda dengan pendekatan interdisipliner, multi disipliner, krosdisipliner, dan transdisipliner.
a. Apa perbedaan-perbedaan pendekatan tersebut?
b. Jelaskan dan gambarkan perbedaan dari masing-masing pendekatan tersebut dengan menggunakan contoh-contoh yang diambil dari masalah : - Pendidikan, -lingkungan, - sosial, - budaya, dan – teknologi.
5. Berikan alasan, mengapa masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat lebih tepat dipecahkan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner ketimbang dengan menggunakan pendekatan monodisipliner ! Berikan contohnya.
6. Perkembangan manusia sebagai makhluk individu dipengaruhi oleh faktor genotif, fenotif, serta faktor lingkungan lainnya.
a. Bagaimana Anda memahami kasus anak autisme ?
b. Bagaimana penanganan yang harus dilakukaknnya? Jelaskan!
7. Ada pendapat (Danzel), bahwa tiap kebudayaan ada isinya/nuansa dan
jiwanya/potensi (klank=bunyi, farbe=warna) dan juga dipengaruhi oleh zaman
(epoche) tempat (situasi dan kondisi) warna (pandangan) paham,
a. Apabila anda setuju, atau tidak setuju dengan pendapat tersebut diatas, beri alasan/argumentasinya.
b. Berikan pula contohnya.



8. Jelaskan pengertian problem sosial, jenis-jenis problem sosial, ketegangan sosial, dan faktor-faktor yang menjadi penyebabnya?
Sosial budaya mengembangkan/membentuk prilaku manusia agar; akuntabel,
bertanggung-jawab, berwenang dan apa kaitannya dengan sikap; bijak, adil dan jujur.
a. Buatlah uraian seperlunya
b. Sebutkan salah satu kasus yang relevan.
9. Pada status sosial manusia (masyarakat) terdapat (3) unsur yang dapat digunakan sebagai kriteria (sudut pandang)/penghargaan dari tiga unsur itu, unsur apa yang dominan/menetukan dikaitkan pula dengan karakter (budaya) suatu masyarakat.
a. Mengapa (ulasan seperlunya).
b. Berikan contohnya (kasus).
10. Adanya krisis Politik, ekonomi dan sosial budaya akan menimbulkan
dampak terhadap beberapa kelompok masyarakat, seperti :
a. Kelompok masyarakat umum.
b. Birokrat
c. Peserta didik
Uraikan dampak krisis politik ekonomi dan sosial budaya tersebut terhadap
ketiga kelompok tersebut.
11. Modernisasai tidak sama dengan westernisasi. Jelaskan kedua istilah dimaksud
sehingga jelas perbedaannya termasuk kesamaannya. Berikan pula ciri-ciri
masyarakat modern yang Anda ketahui ?
12 Buatlah makalah kelompok maksimal 5 orang anggota, Sebutkan pokok-pokok masalah yang diajukan dalam makalah, metode/pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut, serta kesimpulan dan rekomendasi apa yang dapat kelompok anda berikan?



SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar